Rusak Sejak 2018, Warga Nagari Buo Berharap Pemda Perbaiki Bendungan Tali Bandar Siambek | Retorikaku

Sedang Trending 10 bulan yang lalu

Batusangkar, Padangkita.com – Masyarakat Nagari Buo Kecamatan Lintau Buo berambisi Pemerintah Daerah untuk memperbaiki waduk untuk Tali Bandar Siambek nan berada di Jorong Kampung Tongah.

“Bendungan untuk Tali Bandar Siambek rusak akibat dhanyutkan galodo 2018 silam, lantaran itu kami mohonkan Pemerintah Daerah melalui pak Bupati untuk memperbaikinya,” sampai Wali Nagari Buo Yulkusmayanto, Minggu (23/4/2023) saat Halal bi Halal Ikatan Keluarga Besar Buo (IKBB) se-Dunia di MDTA setempat.

Dikatakan Yulkusmayanto, rusaknya waduk tersebut berkapak kepada produksi lahan pertanian masyarakat seluas lebih kurang 40 hektar.

“Area persawahan nan dialiri oleh air bandar itu tidak dapat berproduksi maksimal lagi, tentunya besar angan kami ini juga menjadi perhatian kita berbareng termasuk pembangunan Pasa Minggu, Balai Adat dan Kantor Wali Nagari Buo serta akses jalan Sitangkai menuju kota Payakumbuh,” katanya

Pada kesempatan tersebut Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, Pemerintah Daerah ditengah keterbatasan APBD terus berupaya untuk meningkatkan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah Daerah mempunyai 10 Program Unggulan alias Progul, diantara Bajak Sawah Gratis, Satu Nagari Satu Event, Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah dan juga perbaikan irigasi. Untuk jalan nan disampaikan pak Wali, itu menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi dan Pemkab sudah menyampaikan agar ruas jalan ini untuk diperbaiki, sedangkan untuk waduk nan merupakan bagian irigasi, Pemkab sedang berupaya untuk memperoleh biaya support dari Pemerintah Pusat,” sampainya.

Dikatakan Eka lagi, perantau merupakan salah satu tonggak penopang pembangunan nan berkedudukan penting, khususnya mendukung pembangunan di nagari.

“Perantau mempunyai beragam program untuk dilaksanakan di kampung halaman, tentunya program dan kepedulian ini bisa meringankan beban pemerintah daerah. Hal inilah nan menjadikan peranan perantau sangat krusial dalam membangun kampung halaman,” sampainya.

Baca JugaSempat Ditutup Selama Tiga Tahun, Masyarakat Tanah Datar Tumpah Ruah Salat Lebaran di Lapangan Cindua Mato 

Karena itu, dia berpesan kepada masyarakat nagari Buo nan diranah untuk selalu menjalin komunikasi dengan rantau untuk mempererat silaturahmi dan menjaga kekompakan. [djp]

Selengkapnya
Sumber News Trending
News Trending