Riset Taruna Latsitardanus: Carocok Painan Butuh Hotel dan Restoran   | Retorikaku

Sedang Trending 9 bulan yang lalu

Painan, Padangkita.com – Tim Riset Sosial (Risos) Yontarlat I/ Macan menyerahkan hasil riset sosial kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Hasil riset nan dilakukan peserta Talsitardanus XLIII itu diterima langsung oleh Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariansyah di Ruang Rapat Kantor Bupati Pesisir Selatan, Selasa (30/5/2023).

Risos nan dilakukan peserta Latsitardanus XLIII merupakan kajian tentang strategi pemanfaatan lokasi wisata Pantai Carocok Painan guna meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat pesisir.

Pen Yontarlat I Macan Kapten Inf. Hendri mengatakan, Risos ini merupakan sarana taruna untuk melatih keahlian meneliti secara keilmuan terhadap suatu persoalan nan berada di masyarakat, dan memberikan solusi terhadap masyarakat dan pemerintah.

“Kita berambisi (melalui) laporan Risos ini, para taruna bisa memberikan kontribusi pemikiran dalam program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat dan kerja sama pemerintah,” kata Hendri dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (1/5/2023).

Perwakilan Taruna Lansitardanus XLIII, Evan Manomayasa Fatah mengatakan timnya dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisa SWOT.

“Risos ini menghasilkan strategi SO (Strengths-Opportunities) nan menggunakan kekuatan internal di wilayah ini untuk meraih peluang-peluang nan ada di luarnya,” kata Evan.

Ia menyebut untuk meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat pesisir Pantai Carocok ini perlu mengembangkan kerja sama dengan pemerintah dan swasta, memperluas prasarana pariwisata, seperti hotel, restoran dan sarana rekreasi.

“Kita (juga) menyarankan untuk konsisten melakukan promosi, meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan manajemen pariwisata,” ujar Evan.

Wakil Bupati Rudi Hariyansyah mengapresiasi saran dan masukan melalui hasil Risos nan dilakukan oleh para taruna.

“Saran nan diberikan dari hasil penelitian Risos, ini para taruna juga kudu ikut bertanggung jawab, jangan sampai hanya memberikan saran saja, tetapi juga kudu bisa memberikan solusi secara berkepanjangan dan membantunya,” kata Rudi.

Baca juga: Pantai Carocok Painan Makin Ramai Dikunjungi, Masjid Terapung Jadi Daya Tarik Baru

Dalam aktivitas tersebut juga datang Paban PM dan PPM Ditjianbang Akademi TNI berbareng rombongan, Asisten I Setdakab Pessel, Wali Nagari Painan, serta Kabid Parekraaf Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga. [*/pkt]

The post Riset Taruna Latsitardanus: Carocok Painan Butuh Hotel dan Restoran   appeared first on Padangkita.com.

Selengkapnya
Sumber News Trending
News Trending