Review Samsung Galaxy M54 5G, Andalkan Baterai Jumbo dan Layar Super AMOLED Plus | Retorikaku

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Review Samsung Galaxy M54 5G Header

– Samsung Galaxy M54 5G merupakan ponsel 5G kelas menengah seri Galaxy M nan datang di Indonesia dengan support baterai jumbo berkapasitas 6.000mAh.

Tak hanya sampai di situ saja, Samsung Galaxy M54 5G juga dilengkapi dengan juga mempunyai kamera utama beresolusi 108 MP. Selain sudah menggunakan teknologi Super AMOLED Plus, layarnya pun dilengkapi dengan refresh rate hingga 120Hz.

Untuk memberikan pilihan pada masyarakat Indonesia, Galaxy M54 5G datang dengan dua jenis warna nan terdiri dari Dark Blue dan Silver. Sementara nan menyenangkan lagi, ponsel ini mendapatkan pembaruan sistem operasi Android hingga 4 tahun dan pembaruan sistem keamanan hingga 5 tahun.

Samsung Galaxy M54 5G

  • Layar - 9/10
  • Performa - 8/10
  • Kamera - 8/10
  • Baterai - 9/10
  • Software - 8/10
  • Desain - 8/10

8.3/10

Kesimpulan

Samsung Galaxy M54 5G ini handphone 5G kelas menengah nan dapat digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari lantaran mempunyai daya tahan lama, performa lancar, dan layar Super AMOLED Plus nan nyaman di mata.

Yang Disukai

  • Daya Tahan Lama
  • Layar nan Memanjakan Mata
  • Update Software nan Panjang
  • Performa Lancar
  • Hasil Foto Berkualitas OK

Yang Tidak Disukai

  • Tidak Ada IP Rating
  • Speaker Mono
  • Absennya Adaptor Charger Bawaan

Dengan begitu, Galaxy M54 5G bakal mendapatkan pembaruan hingga Android 17 lantaran pada saat dinyalakan untuk pertama kalinya sudah mendapatkan OneUI 5.1 berbasiskan Android 13.

Desain

Samsung Galaxy M54 5G - Diagonal Layout Back

Ponsel ini juga menggunakan bahasa kreasi Samsung kekinian nan simpel, namun menarik ketika dipandang mata. Pada bodi belakangnya terlihat tiga lingkaran menonjol nan disusun secara vertikal beserta LED Flash.

Tiga lingkaran tersebut terdiri dari kamera utama, ultrawide, dan makro. Sementara sebagai identitas mereknya, pada bagian bawah bodi belakangnya pun tetap disematkan logo Samsung.

Kebetulan saya sendiri mencoba Galaxy M54 5G jenis Silver. Didominasi dengan warna dasar perak, bodi belakang jenis ini bisa menghadirkan banyak warna nuansa mulai dari kuning, merah, oranye, biru, hijau, ungu, dan lainnya nan bakal berubah-ubah tergantung dari pantulan sinar serta arah perspektif pandang melihatnya.

Permukaan bodi belakangnya sendiri menggunakan bahan Glastic sehingga membikin Galaxy M54 5G terlihat berkilau, namun terasa tidak terlalu licin ketika digenggam dengan satu tangan dibandingkan nan berbahan kaca.

Meskipun tidak mudah tertempel debu, namun noda sidik jari mudah membekas di bodi belakangnya. Dengan begitu, sebaiknya membeli softcase tambahan agar bagian belakang perangkat ini dapat terlindungi.

Perangkat ini pun tergolong ringan ketika dipegang dengan satu tangan lantaran mempunyai berat nan mencapai 199 gram. Beralih ke bagian bawahnya, terdapat port USB Type-C dan lubang speaker.

Sementara pada sisi kirinya terdapat SIM Tray nan mempunyai dua slot kartu SIM hybrid dengan slot kartu microSD. Untuk tombol volume dan power berada tepat di sisi kanannya.

Meskipun tidak di bawah layar, namun sensor fingerprint nan berada di atas tombol Power ini dapat merespon sidik jari saya dengan baik sehingga dapat mempercepat pembukaan kunci layar tanpa perlu memasukkan PIN, Pattern, maupun Password terlebih dulu.

Fitur NFC (Near Field Communication) sudah disematkan pada ponsel ini sehingga memudahkan saya untuk mengecek alias mengisi saldo kartu e-money secara cepat. Hal ini sangat membantu saya pada saat sedang melakukan perjalanan nan susah mengunjungi ATM maupun Supermarket.

Layar

Samsung Galaxy M54 5G - HandsOn Display

Pada bagian depan Galaxy M54 5G dihadirkan layar nan memenuhi bagian depan dengan lebar 6,7 inci, teknologi Super AMOLED Plus, 16 juta warna, dan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) sehingga dapat menampilkan konten dengan area luas secara terang dan jernih.

Hadirnya fitur Vision Booster dapat meningkatkan tingkat kecerahan pada tampilan layarnya. Sementara itu, saya merasa bahwa layar Galaxy M54 5G tetap bisa menampilkan konten dengan jelas walaupun kondisinya sedang berada di bawah terik mentari sekalipun.

Berkat refresh rate 120Hz, layar Galaxy M54 5G bisa menampilkan aktivitas transisi antar menu dan animasi pada game nan sangat lembut sehingga memanjakan mata saya.

Meskipun tidak mempunyai fitur Auto Switch untuk refresh rate, namun saya dapat memilih opsi Standar agar refresh rate menjadi 60Hz sehingga konsumsi daya pada perangkat ini menjadi lebih hemat.

Selain itu, sentuhan jari terhadap beragam menu, aplikasi, dan konten di layar terasa responsif sehingga membikin perangkat ini nyaman untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Punya sertifikasi Widevine L1, layar ponsel ini dapat menampilkan video berbobot Full HD dari aplikasi streaming terkenal seperti Netflix, VIU, Amazon Prime Video, Disney+ Hotstar, dan YouTube.

Pada perangkat ini tersemat juga Corning Gorilla Glass 5 nan dapat meminimalisir terjadinya goresan di layarnya. Hadirnya punch hole nan menghiasi bagian depan, membikin Galaxy M54 5G terlihat lebih modern.

Software

Samsung Galaxy M54 5G - Split Screen - Feature

Sejak pertama kali dinyalakan, Samsung Galaxy M54 5G sudah dibekali dengan OneUI 5.1 berbasiskan Android 13 nan mempunyai tampilan sederhana dengan ikon dan teks proporsional nan membikin navigasi terasa nyaman.

Menjadi karakter unik Samsung, gesture screenshot pada ponsel ini dapat dilakukan dengan menggunakan menyapu layar dari kiri dan tangan alias sebaliknya menggunakan gesture telapak tangan seperti arah pisau.

Selanjutnya, fitur Split Screen juga sering saya gunakan lantaran membikin dua aplikasi dapat melangkah sekaligus dalam satu layar. Misalnya menonton video di YouTube sekaligus membaca info di situs buletin melalui browser.

Samsung Galaxy M54 5G - OneUI 5 1 Android 13

Hal nan lebih menariknya, aplikasi nan tidak didukung Split Screen seperti IG pun bisa menikmati fitur ini. Tentunya dengan layar nan lebar membikin dua aplikasi nan ditampilkan menjadi terasa luas.

Fitur lainnya nan sering digunakan adalah Dark Mode lantaran bisa membikin latar belakang dari sistem maupun aplikasi menjadi gelap alias berwarna hitam sehingga memungkinkan mata saya nyaman ketika menikmati konten dalam kondisi redup alias malam hari.

Hadirnya fitur Screen Recording dan Screenshot bawaan memudahkan saya ketika mau mengabadikan info krusial nan muncul di layar ponsel ini. Tentunya tetap banyak fitur lagi nan dapat dieksplorasi pada Galaxy M54 5G nan dapat diaktifkan alias dimatikan sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Kamera

Samsung Galaxy M54 5G - Half Back Top

Samsung Galaxy M54 5G datang dengan support tiga kamera belakang nan terdiri dari kamera utama 108 MP dengan bukaan f/1.8, ultrawide 8 MP dengan bukaan f/2.2, dan makro 2 MP dengan bukaan f/2.4. Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 32 MP dengan bukaan f/2.2.

Kamera utama ponsel ini dapat menghasilkan foto nan berbobot baik di siang maupun malam hari. Apalagi warna dan kecerahan nan ditampilkan pada hasil fotonya terlihat natural.

Samsung Galaxy M54 5G - Resto - 108 MP

108 MP

Samsung Galaxy M54 5G - MRT - 108 MP

108 MP

Samsung Galaxy M54 5G - Batavia - 108 MP

108 MP

Sementara pada kondisi malam hari, hasil fotonya terlihat sudah terang dan jelas. Namun pada saat fitur Night Mode diaktifkan, maka hasil fotonya bakal menjadi lebih terang dan minim noise dibandingkan menggunakan Auto Mode.

Samsung Galaxy M54 5G - Spotlight - Auto

Auto

Samsung Galaxy M54 5G - Spotlight - Night Mode

Night Mode

Kamera ultrawide pada perangkat ini bisa menghasilkan foto dengan area nan luas sehingga cocok untuk mengabadikan pemandangan alam, perkotaan, maupun lainnya. Untuk warna dan kecerahan pada hasil fotonya pun ditingkatkan secara otomatis, namun tetap nyaman ketika dipandang mata.

Samsung Galaxy M54 5G - Gedung - Ultrawide

Ultrawide

Samsung Galaxy M54 5G - Gedung - Auto

Auto

Samsung Galaxy M54 5G - Subjek - Auto

Auto

Samsung Galaxy M54 5G - Subjek - Portrait

Portrait

Meskipun beresolusi kecil, namun hasil foto makro dari perangkat ini bisa dibilang sudah cukup baik ketika membidik objek dari dekat. Untuk kamera depannya bisa menghasilkan foto selfie bisa menghasilkan foto dengan wajah nan terlihat natural dengan perincian nan cukup tajam. Pada saat fitur Portrait diaktifkan, pengaruh bokeh pada latar belakang dapat terpisah secara rapi dengan subjek.

Samsung Galaxy M54 5G - Selfie - Auto

Selfie – Auto

Samsung Galaxy M54 5G - Selfie - Portrait

Selfie – Portrait

Samsung Galaxy M54 5G - Selfie - Auto

Selfie – Auto

Samsung Galaxy M54 5G - Selfie - Night

Selfie – Night

Performa

Samsung Galaxy M54 5G - Half Back Bottom

Mengandalkan chipset buatan sendiri, Samsung Galaxy M54 5G sudah diotaki chipset Exynos 1380 (5nm) Octa-Core 2,4 GHz nan didampingi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Terdapat fitur RAM Plus nan memungkinkan sistem dapat meminjam kapabilitas kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual dengan pilihan 2 GB, 4 GB, 6 GB, alias 8 GB.

Di atas kertas, komposisi ini dapat menunjang Galaxy M54 5G untuk menjalankan sistem, game, dan aplikasi dengan lancar. Namun untuk mengetahui keahlian nyatanya, saya pun langsung menjalankan beragam aplikasi untuk aktivitas sehari-hari seperti media sosial, penyunting dokumen, chat, email, pemutar lagu, hingga sesekali video streaming.

Samsung Galaxy M54 5G - COD Mobile Settings

Hasilnya, Samsung Galaxy M54 5G bisa menjalankan beragam aplikasi tersebut secara multitasking dengan lancar. Tentunya RAM bentuk dan RAM Virtual berkapasitas besar menjadi beberapa aspek nan membikin ponsel dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Pada tahap pengetesan tingkat lanjut, saya juga turut memainkan beragam game terkenal di ponsel ini seperti Call of Duty Mobile, Mobile Legends, Metal Slug, dan Arena of Valor.

Dengan menggunakan pengaturan skematis Low + frame rate Max alias skematis High + frame rate High, saya tetap bisa memainkan game Call of Duty Mobile dengan lancar terutama untuk pergerakan serta skematis karakter, lingkungan, dan visual pengaruh terlihat memanjakan mata.

Samsung Galaxy M54 5G - COD Mobile Game

Tombol virtual arah, tembakan, bidikan, pengisian peluru, pemilihan senjata, dan beragam menu dapat merespon sentuhan jari saya dengan baik sehingga pertarungan dengan musuh di Call of Duty Mobile dapat melangkah dengan lancar.

Untuk game Mobile Legends dan Arena of Valor bisa dijalankan dengan lancar pada penggunaan skematis dan frame rate tinggi. Bahkan pada saat banyak karakter berjumpa dalam satu area, game tetap bisa melangkah dengan mulus. Namun perlu dicatat, saya juga menggunakan hubungan internet nan stabil.

Sementara game Metal Slug pun dapat melangkah dengan lancar ketika menggunakan skematis tertinggi namalain Ultra. Samsung Galaxy M54 5G juga dilengkapi dengan fitur Game Booster nan dapat meningkatkan performa ketika game sedang berjalan.

Samsung Galaxy M54 5G - Benchmark Performance

Pada pengetesan dengan AnTuTu Benchmark V10.1.3, ponsel ini sukses mendapatkan skor 594.004 poin. Sementara Galaxy M54 5G mendapatkan skor 1.007 poin untuk Single-Core dan 2.887 poin untuk Multi-Core di aplikasi Geekbench 6.2.0.

Dengan rangkaian benchmark di atas, terlihat bahwa Galaxy M54 5G mempunyai performa nan berkekuatan untuk bersaing dengan ponsel 5G lainnya di kelas menengah.

Baterai

Samsung Galaxy M54 5G - Half Display Top

Baterai berkapasitas 6.000mAh menjadi salah satu fitur nan diunggulkan oleh Samsung Galaxy M54 5G lantaran diklaim Samsung bisa memperkuat lama ketika digunakan untuk pemakaian normal.

Untuk mengetahui realitas daya tahannya, saya langsung melakukan benchmark menggunakan aplikasi PCMark for Android dengan parameter Work 3.0 battery life, tingkat kecerahan layar di 50%, dan persentase baterai mulai dari 100%.

Samsung Galaxy M54 5G sukses mendapatkan skor PCMark for Android mencapai 17 jam 34 menit ketika layarnya menggunakan refresh rate 60Hz. Sedangkan pada layar dengan refresh rate 120Hz, perangkat ini mendapatkan skor 14 jam 43 menit.

Tak ketinggalan, saya juga turut menguji daya tahan baterainya ketika digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari dengan beragam aplikasi seperti chat, media sosial, email, pemutar lagu, sesekali video streaming dan penyunting dokumen.

Pada layar dengan refresh rate 60Hz, AccuBattery memperlihatkan bahwa Galaxy M54 5G mempunyai Screen on Time mencapai 8 jam 44 menit dari kondisi 100% ke 10%. Sedangkan pada refresh rate 120Hz, ponsel ini mempunyai Screen on Time 7 jam 11 menit dari kondisi 100% ke 10%.

Dari pengetesan di atas, terlihat bahwa layar dengan refresh rate 60Hz mempunyai konsumsi daya nan lebih rendah dibandingkan dengan refresh rate 120Hz. Namun tetap saja pemilihan kecepatan refresh rate ini tergantung kebutuhan masing-masing pengguna.

Sayangnya saya tidak sempat melakukan pengetesan pengecasan cepatnya lantaran dalam dus penjualannya tidak disediakan 25W adaptor charger. Untuk itu, Anda kudu membeli secara terpisah adaptor tersebut.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M54 5G - HandsOn

Dengan nilai Rp6.499.000, Galaxy M54 5G cocok bagi Anda nan menginginkan ponsel 5G dengan daya tahan lama, performa lancar, dan mempunyai layar nan memanjakan mata.

Untuk hasil foto dari kamera depan dan belakangnya pun tergolong berbobot OK. Fitur NFC nan datang pada perangkat ini dapat membantu untuk pengecekan maupun pengisian saldo kartu e-money secara mudah.

Namun nan perlu dicatat, perangkat ini hanya mempunyai speaker mono dan belum dilengkapi dengan sertifikasi IP Rating. Port jack audio 3,5mm pun tidak dihadirkan pada Galaxy M54 5G sehingga Anda kudu menggunakan earphone alias headphone dengan hubungan langsung USB Type-C alias Bluetooth agar tidak perlu repot menggunakan konverter jack audio 3,5mm ke USB Type-C.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M54 5G

Dimensi & Berat164,9mm x 77,3mm x 8,4mm
199 gram
WarnaSilver, Dark Blue
Layar6,7 inci, Super AMOLED Plus, Full HD+ (2400 x 1080 piksel), refresh rate 120Hz, Corning Gorilla Glass 5
Sistem OperasiOneUI 5.1 (Android 13)
MemoriRAM 8 GB / penyimpanan internal 256 GB
ChipsetExynos 1380 (5nm) Octa-Core 2,4 GHz
Kamera BelakangUtama 108 MP (apertur f/1.8)
Ultrawide 8 MP (apertur f/2.2)
Makro 2 MP (apertur f/2.4)
Kamera Depan32 MP (apertur f/2.2)
Baterai6.000mAh, 25W Fast Charging
SensorAkselerometer, pemindai sidik jari, kompas, giroskop, proximity, cahaya, orientasi, geomagnetik
GPSGPS, GLONASS, Galileo, BDS
SpeakerSpeaker Mono
FiturWidevine L1, Face Unlock, RAM Plus hingga 8 GB, NFC
Konektivitas5G, 4G-LTE, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.3
KonektorUSB Type-C
HargaRp6.499.000

Tentang penulis

Adhitya W. P.

The first writer at Gadgetren, often referred to as Agan Adhit, has accumulated years of experience in writing, enabling him to thoroughly understand the merits and drawbacks of technology products, particularly smartphones.

Selengkapnya
Sumber gadget trending
gadget trending