Hutama Karya Gandeng Milenial Bangun 10 Rest Area Permanen di Tol Permai | Retorikaku

Sedang Trending 9 bulan yang lalu

Padang, Padangkita.com – PT Hutama Karya (Persero) tengah menggarap pembangunan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) alias rest area permanen di Jalan Tol Pekanbaru – Dumai (Permai).

Dalam pembangunannya, Hutama Karya bekerjasama dengan anak perusahaannya ialah PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) sebagai kontraktor.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, saat ini Jalan Tol Permai dilengkapi dengan rest areasementara nan berada di KM 45 Jalur A, KM 65 Jalur B & KM 82 Jalur A & B, namun belum terdapat rest areapermanen.

“Fasilitas rest area sementara nan ada tidak kalah dari rest area permanen pada umumnya, sudah dilengkapi dengan minimarket, SPBU dan tenant-tenant makanan. Namun, untuk meningkatkan pelayanan jalan tol nan dikelola kami bakal bangun 10 rest area permanen di sepanjang Tol Permai,” tutur Koentjoro, dikutip Padangkita.com dari laman Hutama Karya, Kamis (1/6/2023).

Lebih lanjut Koentjoro menyampaikan bahwa rest area permanen tersebut terletak di Kota Pekanbaru dan tiga kabupaten di Provinsi Riau, ialah Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, dan Kota Dumai.

Lima rest area terletak pada jalur A (Jalur Pekanbaru-Dumai) dan lima lainnya di jalur B (Jalur Dumai-Pekanbaru) ialah di KM 14+500 Jalur A&B, KM 45+200 Jalur A, KM 46+050 B, KM 65+000 Jalur A&B, KM 82+300 Jalur A&B, dan KM 15+200 Jalur A&B dari arah Dumai.

“Lima ke arah Dumai dan lima lagi sebaliknya, dengan jarak antar-rest area kurang lebih 30 km,” terang Koentjoro.

Ada 2 jenis rest area nan bakal dibangun ialah Tipe A dengan luas 6 hektare nan dilengkapi oleh akomodasi toilet umum, masjid, pujasera, stand UMKM, minimarket, tempat parkir kendaraan mini dan besar, area siap bangun untuk SPBU dan premium commercial area.

Sementara untuk rest area Tipe B dengan luas 3 hektare berisi akomodasi nan sama, hanya tidak terdapat area siap bangun untuk SPBU dan premium commercial area-nya saja.

Selain mempunyai akomodasi nan lengkap, Koentjoro juga mengatakan bahwa rest area ini nantinya bakal mempunyai kreasi gedung nan mengadaptasi nuansa budaya di Riau, ialah menggunakan genting lipat pandan dan ornamen genting selembayung.

Bangunan dengan hint corak budaya ditonjolkan dalam rest area sebagai corak melestarikan serta memperkenalkan budaya wilayah Riau kepada pengguna jalan tol yang melintas.

“Kami juga menyediakan dan prioritaskan porsi lebih dari 70% tenant nan berada di rest area ini untuk UMKM sehingga dapat mengembahkan upaya masyarakat wilayah sekitar, ” tambahnya.

Sementara itu, HKI telah mulai melakukan pengerjaan rest area ini pada Maret 2023 lampau dan ditargetkan rampung pada Desember 2023 mendatang dengan sejumlah pekerjaan nan tengah dikerjakan.

Yakni, site development pada semua letak rest area serta gedung masjid, toilet dan pujasera pada KM 45 arah Dumai & KM 65 arah Pekanbaru.

Hingga per 12 Mei 2023, progres pengerjaan keseluruhan rest area telah mencapai 13,20%. Pengaturan prioritas pekerjaan pun diperlukan mulai dari proses kreasi bangunan, konstruksi, dan operasional bangunan.

Direktur Operasi III HKI, Selo Tjahjono juga mengatakan bahwa pengerjaan rest area ini mempunyai beberapa tantangan seperti adanya momen-momen unik seperti libur Lebaran tahun 2023 lalu. Sehingga pengguna jalan tol meningkat dibanding hari-hari biasanya dan sejumlah akomodasi di rest area KM 45 arah Dumai dan rest area KM 65 arah Pekanbaru, ialah toilet, tempat parkir, dan mushola sementara kudu bisa difungsionalkan untuk melayani kebutuhan pengguna jalan tol sehingga sedikit menunda pekerjaan.

“Mengelola pekerjaan pada 10 letak sekaligus juga menjadi tantangan sendiri bagi HKI. Sehingga diperlukan manajemen proyek nan sangat baik untuk menyelesaikan pengerjaan 10 rest area pada tol nan sudah beraksi dalam waktu nan ditentukan,” tutur Selo.

Untuk mempercepat pekerjaan di lapangan, HKI juga menerapkan sejumlah strategi. Sesaat setelah perjanjian pekerjaan ditandatangani, HKI menyiapkan seluruh sumber daya untuk sasaran fungsional di 2 letak rest area. Secara simultan melakukan proses kreasi 10 letak rest area dan mengonsultasikan ke para pihak.

“Sesuai kondisi kesiapan lahan maka secara berjenjang sumber daya di seluruh lokasi rest area juga segera dipenuhi agar target quality, progres dan rencana operasional rest area dapat dicapai, maka secara berkepanjangan dilakukan monitoring dan pertimbangan sumber daya di seluruh letak rest area,” kata Selo.

Selo juga mengatakan bahwa komposisi tenaga kerja proyek rest area Tol Permai ini didominasi oleh generasi milenial mulai dari officer hingga manajer di lapangan, termasuk di dalamnya project manager. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari program job swap dan pengembangan tenaga kerja untuk terjun ke proyek-proyek dengan skala nan lebih besar dan kompleks.

Baca juga: Perubahan Jalan Tol Padang – Pekanbaru, Salah Satunya Nama Pangkalan Hilang

“HKI telah melibatkan banyak generasi milenial untuk mulai menjadi pemimpin di lapangan. Hal ini sejalan dengan misi HKI ialah mengembangkan sumber daya manusia nan handal dan inovatif dalam rangka meningkatkan nilai perusahaan. Harapannya, generasi milenial bisa belajar lebih banyak sehingga lebih siap untuk terjun ke proyek-proyek besar lainnya dengan membawa ilmu-ilmu nan telah dipelajari,” kata Direktur Operasi III PT Hutama Karya Infrastruktur, Selo Tjahjono. [*/pkt]

The post Hutama Karya Gandeng Milenial Bangun 10 Rest Area Permanen di Tol Permai appeared first on Padangkita.com.

Selengkapnya
Sumber News Trending
News Trending