Cara Membatasi Akses File yang Dibagikan di Google Drive Biar Tak Diubah Sembarangan | Retorikaku

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Cara Membatasi Akses File nan Dibagikan di Google Drive - header

– Google Drive mendukung fitur untuk berbagi berkas maupun folder. Kita makanya dapat memanfaatkan jasa penyimpanan awan tersebut saat perlu bekerja-sama dengan orang lain.

Layanan besutan Google tersebut apalagi mempunyai sistem manajemen akses nan sangat baik. Kita tak hanya bisa membatasi siapa saja nan diizinkan untuk membuka berkas alias folder, melainkan juga gimana mereka mengelolanya.

Di samping itu, fitur manajemen akses di jasa Google Drive juga cukup mudah untuk digunakan. Kita dapat mengatur setelan untuk membatasi berkas nan dibagikan baik itu melalui ponsel maupun komputer.

Cara Membatasi Akses File nan Dibagikan di Google Drive Lewat HP

Izin akses dari berkas dan berkas di dalam jasa Google Drive biasanya bisa diatur dalam tiga opsi. Restricted hanya untuk akun nan ditambahkan. Anyone with the link untuk semua orang nan memperoleh tautan. Group untuk berbagi ke personil Google Group alias Google Workspace saja.

Sementara untuk pengelolaan, kita dapat mengaturnya ke Viewer, Commenter, alias Editor. Adapun dalam perihal ini kita secara berturut-turut bisa memakainya untuk mengizinkan seseorang mulai dari sekadar melihat, berkomentar, hingga mengelola berkas secara penuh.

Pengaturan izin pengelolaan sendiri umumnya hanya bakal tersedia untuk setelan akses Anyone with the link alias grup. Sedangkan untuk Restricted, kita perlu mengaturnya ketika sedang menambahkan orang ke daftar berbagi lewat opsi Share.

Membatasi Izin Pengelolaan Akun Lewat Opsi Share di Google Drive

Perlu sedikit diingat bahwa pengaturan nan kita sematkan saat berbagi melalui opsi Share juga dapat berubah ketika kita menyetel ulang izin akses lewat Manage access. Jadi kemungkinan kita pun perlu memperbaruinya jika diperlukan.

Membatasi izin akses maupun pengelolaan juga bisa dilakukan melalui komputer dengan langkah-langkah nan nyaris serupa. Hanya saja kita perlu sedikit menyesuaikannya lantaran antarmuka antara aplikasi dan web mempunyai sedikit perbedaan.

Cara Membatasi Akses File nan Dibagikan di Google Drive Lewat Komputer

Sama seperti melalui ponsel, kita juga perlu mengatur izin pengelolaan saat membagikan berkas alias berkas ke orang-orang tertentu. Kita dalam perihal ini juga dapat melakukannya melalui jendela berbagi sebagaimana langkah di atas.

Membatasi Izin Pengelolaan Akun Lewat Opsi Share di Google Drive

Dengan mengatur izin akses dan pengelolaan di Google Drive, kita pun dapat lebih mudah untuk membagikan peran di dalam kolaborasi. Kita juga tidak perlu cemas orang-orang nan tidak bertanggung jawab mengubah isi maupun menghapus berkas.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis nan aktif membikin konten tentang pedoman teknologi mulai dari langkah menggunakan hingga membahas istilah-istilah unik di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber gadget trending
gadget trending