7 Tips Mengemudi Agar Hemat BBM Saat Mudik Lebaran | Retorikaku

Sedang Trending 10 bulan yang lalu
 statefarm.com)

1/7

Jangan lakukan percepatan mendadak. Akselerasi tiba-tiba dan berlebihan tidak disarankan untuk berkendara hemat, lantaran bensin nan masuk ke ruang mesin menjadi lebih banyak dalam satu waktu. Cukup menekan pedal gas secukupnya dan biarkan mesin mobil nan meningkatkan kecepatan secara gradual. (Source: statefarm.com)

 audirs3oc.com)

1/7

Jaga putaran mesin agar tetap rendah dengan menggunakan gigi tinggi saat sedang melangkah konstan di tol. Hal ini ditujukan agar bbm nan masuk ke ruang mesin tidak berlebihan dan biarkan mobil melangkah tanpa halangan mesin. Jika ada cruise control bakal memudahkan dalam menjaga putaran mesin dan kecepatan. (Source: audirs3oc.com)

 hotcars.com)

1/7

Pastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan prima. Melakukan perawatan berkala nan teratur bakal membikin mesin mobil selalu dalam kondisi terbaik. Mesin nan prima bakal bekerja secara optimal sehingga menciptakan tenaga dan konsumsi bahan bakar nan efisien. (Source: hotcars.com)

 caranddriver.com)

1/7

Berikan tekanan ban nan sesuai spesifikasi. Ban menjadi satu-satunya bagian mobil nan menyentuh permukaan jalan. Tekanan ban sesuai standar memberikan daya cengkram dan style gesek optimal untuk performa dan kehematan BBM. Spesifikasi tekanan ban bisa dilihat pada pintu pengemudi. (Source: caranddriver.com)

 liputan6.com)

1/7

Gunakan BBM dengan oktan sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Hal ini ditujukan agar pembakaran nan terjadi di ruang mesin bekerja untuk menghasilkan tenaga nan optimal. Biasanya mobil-mobil baru sekarang disarankan untuk menggunakan BBM oktan 92 ke atas. (Source: liputan6.com)

 mechanicbase.com)

1/7

Hindari pengereman secara mendadak. Melakukan pengereman mendadak berfaedah menghilangkan momentum berjalannya mobil. Momentum nan lenyap mengharuskan pengemudi menginjak gas lebih dalam untuk mencapai kecepatan semula. Untuk menghindari pengereman mendadak cukup dengan menjaga jarak dengan mobil depan, sehingga bisa mengurangi kecepatan hanya dengan mengangkat gas. (Source: mechanicbase.com)

 cartreatments.com)

1/7

Manfaatkan engine brake. Engine brake adalah langkah untuk mengurangi kecepatan dengan memanfaatkan tenaga mesin. Caranya adalah dengan menurunkan gigi transmisi. Untuk mobil bertransmisi manual bisa memindahkannya ke posisi 3 alias 2 (tergantung kecepatan). Matic masa sekarang sudah dilengkapi fitur triptonic (seperti ilustrasi di atas) sehingga bisa memilih posisi gigi nan diinginkan. (Source: cartreatments.com)

  • 0%suka
  • 0%lucu
  • 0%kaget
  • 0%sedih
  • 0%marah
Ini bacanya gimana ya? 'Nyetir demi istri'? (Source: Facebook/Manjadda)10

Body truk seolah sudah menjadi kanvas untuk meletakkan gambar alias tulisan oleh para supir alias seniman truk. Beberapa tulisan tersebut ada nan memotivasi, mengingatkan, alias apalagi mengundang gelak tawa. Berikut tulisan-tulisan kocak nan terjepret kamera.

 statefarm.com)7

Mengemudikan mobil memang ditujukan untuk mengantarkan penggunanya dari titik a ke titik b. Namun jika diperhatikan lebih dalam, mengemudi pun mempunyai beberapa teknik, salah satunya adalah teknik menyetir hemat. Beberapa tips mengemudi irit ini bisa diterapkan untuk mengurangi konsumsi BBM kala mudik lebaran nanti.

 Facebook/ Kementerian Humor Indonesia)10

Banyak keunikan-keunikan di jalanan. Salah satunya adalah tulisan-tulisan nan kerap kali ditemukan tertempel di mobil. Kata-kata nan digunakan dapat membikin gelak tawa dan menambah keceriaan kala jenuh dengan kemacetan alias ramainya jalanan. Berikut 10 tulisan kocak nan ada di body mobil.

 Lexus via caranddriver.com)17

Lexus pada 2019 memperkenalkan MPV ultra mewah dengan pedoman Toyota Alphard. Setelah berhasil selama empat tahun, Lexus baru saja meluncurkan generasi kedua LM di arena Shanghai Auto Show 2023. Mobil ini mendapat pembaruan sangat signifikan dari segi eksterior, interior, hingga mesin. Lexus LM seolah menjelma jadi hotel bintang lima nan dapat berjalan.

Kok malah gini? (Source: Instagram/@anakmuda.medan)10

Mudik Lebaran telah menjadi tradisi nan tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Banyak serba-serbi selama momen ini berlangsung. Oleh lantaran itu, tidak mengherankan jika muncul banyak meme super kocak nan menggambarkan realita mudik Lebaran. Berikut adalah meme super kocak realita mudik lebaran nan 100% dijamin relate banget.

 twitter.com/txtdarionlshop)10

Dalam era digitalisasi nan semakin maju, jasa pengiriman peralatan menjadi kian penting. Namun, tidak jarang terjadi hambatan seperti keterlambatan pengiriman alias ketidakjelasan statusnya. Oleh lantaran itu, kurir seringkali memberikan pembaruan status pengiriman melalui aplikasi alias media sosial. Namun, beberapa kurir justru memberikan pembaruan nan kocak dan unik, sehingga mengundang tawa dan membikin pengguna merasa lebih dekat dengan kurir nan mengantar barangnya. Berikut adalah potret status pengiriman kocak kurir nan bikin penerima kebingungan.

 Instagram/@newdramaojol.id)10

Tentu saja terdapat hubungan nan terjadi antara pengguna ojek online dengan para driver. Saat memesan ojek online, kita pasti pernah mengalami hubungan nan lucu, aneh, dan kadang-kadang absurd dengan para driver. Berikut adalah potret chat absurd driver ojek online nan bikin penumpang ketawa.

 1cak.com)10

Motor bukan hanya menjadi kendaraan nan praktis, tetapi juga bisa memberikan keceriaan dan kebahagiaan dalam perjalanan. Apalagi jika dilakukan cewek, ada saja kelakuan kocak nan mereka tunjukkan selama di jalan. Berikut adalah potret momen kocak wanita lagi boncengan motor nan auto bikin ngakak.

 Twitter/@wins_1000)15

Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia pada hari raya Idul Fitri. Tujuan melakukan mudik adalah untuk berjumpa sanak kerabat dan orang tua di kampung halaman. Beberapa pemudik imajinatif ini menulis curhatannya ketika hendak pulang ke kampung halaman. Tulisan-tulisan ini sukses menuai gelak tawa pemudik lain di sekitarnya.

 snaplap.net)10

Rally merupakan salah satu balapan nan sangat bergengsi di dunia. Terlebih lagi, untuk bisa menjuarai kejuaraan ini diperlukan skill mumpuni dalam melibas trek sempit berliku. Selain pembalapnya, mobil nan digunakan juga kudu bisa mempunyai pengendalian, mesin, sasis, dan aspek keselematan nan baik. Berikut 10 potret mobil-mobil rally nan pernah ada dan menjadi legenda.

 astra-honda.com)7

Honda CB merupakan salah satu produk legendari dari Honda. Sepanjang perjalanan puluhan tahun, Honda CB series sudah mengalami beragam evolusi. Pada 2021 Astra Honda Motor meluncurkan CB150X sebagai jenis adventure dari Honda CB150R Streetfire. Motor ini cocok untuk para rider nan mendambakan motor touring 150cc nan nyaman serta irit bahan bakar.

Selengkapnya
Sumber Otomotif sports
Otomotif sports