3 Tersangka Kasus Persekusi 2 Perempuan di Pessel telah Ditahan, Kapolres: Bisa Bertambah | Retorikaku

Sedang Trending 10 bulan yang lalu

Painan, Padangkita.com – Satu tersangka kasus dugaan persekusi dua wanita di Kambang, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kembali menyerahkan diri, Minggu (23/4/2023).

Dengan demikian, sekarang Polres Pessel telah menahan 3 tersangka, alias semua tersangka, sebagaimana sebelumnya telah ditetapkan oleh Polres Pessel usai melakukan gelar perkara.

Tersangka nan menyerahkan diri ke Sat Reskrim Polres Pessel ini berinisial IJ, 47 tahun, bertempat tinggal di Pasar Gompong, Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Sebelumnya, juga satu tersangka juga menyerahkan diri, berinisial Er, 47 tahun. Sementara 1 tersangka nan berinisial AK, 38 tahun, telah lebih dulu ditangkap tim Macan Kumbang Satreskrim Polres Pessel berbareng tim Sat Brimob Polda Sumbar.

Ketiga tersangka diduga kuat sebagai pelaku persekusi dalam perkara tindak pidana kekerasan seksual, terhadap 2 wanita di Kafe Natasya, di Pasir Putih Kambang, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pessel pada 8 April lalu.

Identutas ketiga tersangka tersebut sukses diungkap lewat pemeriksaan belasan saksi dan juga melalui video persekusi nan beredar luas di bumi maya.

“Benar inisial IJ, 47 tahun, salah seorang diduga keras sebagai pelaku (persekusi 2 perempuan) menyerahkan diri ke Polres diantar oleh keluarganya,” kata Kapolres AKBP Novianto Taryono dalam keterangan tertulis.

Sebelumnya, AKBP Novianto Taryono menyebut 3 tersangka tersebut merupakan konklusi dari pemeriksaan saksi nan berjumlah 13 orang termasuk kajian terhadap video persekusi nan viral di media sosial.

“Untuk saat ini, sudah 3 orang pelaku kita amankan dalam kasus ini, nan pertama AK, 38 tahun, kedua Er, 47 tahun, dan nan ketiga ini IJ, 47 tahun. Tersangka bisa bertambah sesuai dinamika penyelidikan dan investigasi nan dilakukan secara intensif oleh Sat Reskrim,” ungkap Kapolres AKBP Novianto Taryono.

Kapolres menyampaikan ucapan terima kasih kepada family dua tersangka nan telah menyerahkan diri. Untuk itu, Kapolres menegaskan, bakal menjamin kewenangan – kewenangan tersangka sesuai patokan nan ada.

“Kepada para tersangka agar memberikan keterangan nan sebenar – benarnya terhadap peristiwa nan terjadi, dan mengikuti prosedur norma dengan kooperatif, sehingga seluruh pelaku dalam kasus tersebut bakal terungkap dengan jelas sesuai peran masing-masing,” tutur Kapolres Pessel AKBP Novianto Taryono,.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Pessel AKP Andra Nova menjelaskan, 3 tersangka bakal dijerat dengan UU No. 12/2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual, UU No. 44/2008 tentang Pornografi, dan Pasal 170 ayat 1 KUH Pidana jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

“Namun, tentu kita perlu lakukan dulu pendalaman lebih lanjut apa perannya masing-masing,” tegas AKP Andra Nova.

Diketahui, video kasus persekusi 2 wanita nan awalnya disebut sebagai pemandu lagu ini, sempat membikin gempar lantaran beredar luas di media sosial. Dalam pemeriksaan, terungkap bahwa kedua wanita tersebut saat kejadian hanya sebagai visitor kafe.

Selengkapnya
Sumber News Trending
News Trending