3 Anak Kucing Hutan Langka Ditemukan di Pekarangan Rumah Warga | Retorikaku

Sedang Trending 9 bulan yang lalu

Parit Malintang, Padangkita.com Tiga ekor anak kucing rimba (Prionailurus bengalensis) jenis langka nan terancam punah, ditemukan dalam pekarangan rumah penduduk di Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar).

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar dalam keterangan tertulis Kamis (1/6/2023), menyebutkan, kucing rimba tersebut ditemukan penduduk pada hari Minggu (28/5/2023).

“Menyadari satwa tersebut adalah satwa dilindungi, mereka segera melaporkan temuan tersebut ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman. BPBD Kabupaten Padang Pariaman dan Tim WRU RKW V Barisan Pariaman BKSDA Sumbar mengevakuasi ketiga anak kucing rimba tersebut,” demikian pejelasan BKSDA.

Tim RKW V nan dipimpin oleh Andrick mengevakuasi satwa tersebut dengan hati-hati. Ketiga anak kucing rimba tersebut dibawa ke Tempat Transit Satwa (TTS) BKSDA Sumbar untuk menjalani observasi dan mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Langkah ini bermaksud untuk memastikan bahwa satwa-satwa ini dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dan mendapatkan perawatan nan mereka butuhkan,” jelas BKSDA Sumbar.

BKSDA menjelaskan, dalam menghadapi ancaman kepunahan, peran masyarakat sangatlah penting.

“Oleh lantaran itu, Balai KSDA Sumbar membujuk masyarakat untuk ikut berkedudukan dalam melestarikan satwa dilindungi dengan melaporkan ke Balai KSDA Sumatra Barat melalui call center di nomor 081266131222.”

Langkah ini bakal membantu memastikan perlindungan nan lebih baik bagi satwa liar dilindungi dan kelangsungan hidup mereka di masa depan.

“Tidak boleh dilupakan bahwa kucing rimba termasuk dalam jenis satwa nan dilindungi menurut peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) No. 106 tahun 2018,” ingat BKSDA Sumbar.

Dalam upaya untuk melestarikan jenis ini, kerjasama antara pemerintah, lembaga konservasi, dan masyarakat sangatlah penting.

Baca juga: Warga Pasaman Barat Serahkan Tiga Ekor Owa Ungko kepada BKSDA Sumbar

“Evakuasi nan sukses ini menjadi bukti bahwa dengan upaya bersama, kita dapat memastikan bahwa satwa langka seperti kucing rimba mempunyai masa depan nan lebih baik di habitatnya,” demikian BKSDA Sumbar. [*/pkt]

The post 3 Anak Kucing Hutan Langka Ditemukan di Pekarangan Rumah Warga appeared first on Padangkita.com.

Selengkapnya
Sumber News Trending
News Trending