10 Kelebihan Suzuki Grand Vitara 2023, Cek Harga Terbaru Jelang Lebaran

Sedang Trending 7 bulan yang lalu

Otosia.com, Jakarta SUV nan tengah menjadi tren di Indonesia dipanaskan pula oleh Suzuki dengan menghadirkan Suzuki Grand Vitara 2023.

SUV ini diperkenalkan pada arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lampau dengan mengusung beragam fitur menarik.

PT Suzuki Indomobil Sales salah satunya mengangkat kehadiran Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), sebagai bagian dari teknologi elektrifikasi untuk kelas pasar Medium Sport Utility Vehicle (MSUV).

“Saat ini, ada pergerakan trend dan kebutuhan di industri otomotif dengan mendominasinya SUV di Indonesia. Selain itu, kesadaran masyarakat terhadap kendaraan nan ramah lingkungan juga terus meningkat," ujar Sales Marketing Director Suzuki PT Suzuki Indomobil Sales Ryohei Matsushitadi pada peluncurannya di IIMS tanggal 16 Februari 2023 lalu.

Dengan studi komprehensif dan mendalam, pihaknya kemudian pun menghadirkan kembali salah satu SUV berhistoris milik mereka, ialah Suzuki Grand Vitara.

Video Terpopuler saat Ini

Mesin Baru

10 Kelebihan Suzuki Grand Vitara 2023, Cek Harga Terbaru Jelang Lebaran
Desain belakang nampah gagah dan sporti (Otosia.com/Nazar Ray)

Dengan dimensi kompak panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.645 mm, didukung wheelbase 2.600 mm, Grand Vitara dibekali mesin 1.500cc berkode K15C Dual Jet ditunjang penggunaan teknologi SHVS.

Apa itu SHVS? Ini adalah singkatan dari Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Suzuki memanfaatkan sistem penggerak mesin dan telah dilengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti alternator konvensional.

ISG dibuat untuk bisa memberikan support tenaga pada mesin sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Teknologi SHVS dilengkapi Lithium Ion Battery nan dirancang untuk menyimpan tenaga nan dihasilkan oleh ISG dan bakal digunakan ketika mesin memerlukan support tenaga.

Untuk "dual jet", fungsinya dihasilkan dari pemanfaatan dual-injection system untuk mendukung efisiensi termal nan dihasilkan dari rasio kompresi, serta friction reduction nan membikin dynamic performance seimbang dengan efisiensi bahan bakar.

Mechanical Energy

Mesinnya juga mengubah fuel energy menjadi mechanical energy secara efisien dengan mengoptimalkan keahlian rasio kompresi nan mengangkat cooled EGR system dan piston cooling jets untuk mengontrol pembakaran.

Melalui efisiensi berasas penggunaan teknologi di atas, performa nan dihasilkan dari mesin sebesar 103,06 PS/6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm.

Daya dari mesin disalurkan ke 6-speed Automatic Transmission nan juga dilengkapi dengan paddle shift di kembali lingkar kemudi.

Panoramic Roof

Akses pandang via genting tetap menjadi daya tarik, tak ayal untuk sebuah SUV. Panoramic sunroof dibarengi dengan kehadiran LED Projector Headlamp berikut Autolight with Guide Me Light.

Suzuki Grand Vitara 2023 juga dilengkapi dengan Cruise Control, Head Up Display (HUD) dan smartphone wireless charging. Selain itu, head unit touchscreen 9 inch-nya dapat terkoneksi dengan smartphone.

Untuk menekankan karakter SUV, ground clearance dibuat setinggi 210 mm. Adapun suspensi mengangkat MacPherson Strut with Coil Spring, sedangkan pada bagian belakang menggunakan Torsion Beam.

Fitur Keselamatan dan Harga

Untuk keselamatan Grand Vitara dipasangi 6 Airbag, ESP (Electronic Stability Program), ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution).

Harga Selain itu, Grand Vitara juga dilengkapi dengan 360 camera, rear parking camera serta parking sensor untuk memudahkan pengendara memandang kondisi sekitar mobil dan melanjutkan manuver nan aman.

Fitur Hill Hold Control juga disematkan untuk memberikan rasa kondusif saat kondisi mobil mulai bergerak di jalanan menanjak.

Soal harga, Grand Vitara dilepas dalam dua varian, ialah Grand Vitara GX Rp384.400.000 dan Grand Vitara GL Rp359.400.000.

Selengkapnya
Sumber Otomotif sports
Otomotif sports